TentangDunia.com » Gaya Hidup » 5 Jenis Kelainan Pada Mata

5 Jenis Kelainan Pada Mata

Saturday, February 16th 2013. | Gaya Hidup

kelainan pada mata2

Mata mempunyai peranan yang vital dalam kehidupan manusia. Mata yang berfungsi dengan baik adalah anugerah dalam menikmati keindahan alam dunia ini. Namun tak semua manusia mempuyai mata yang sempurna. Ada sejumlah orang yang mengalami kelainan pada mata. Ada beberapa gangguan pada mata yang umum ditemui di masyarakat.  Secara ilmiah kemampuan lensa membuat fokus bayangan di retina berlainan dari orang yang satu ke orang yang lain. Selanjutnya ini ialah ilustrasi lensa ketika memfokuskan bayangan itu. Kecuali mesti terdapat cahaya, ketentuan supaya mata bisa melihat secara bagus adalah mata mesti pada kondisi normal. Mata yang normal (emetropi) adalah mata yang bisa berakomodasi secara bagus. Pusat paling jauh (punctum remotum) terdapat di jarak sejauh-jauhnya. Pusat terdekat (punctum proximum) terdapat di jarak baca ideal (25 cm) pada depan mata. Berikut adalah 5 jenis kelainan pada mata :

1. Rabun dekat (hipermetropy)
Adalah gangguan mata dimana menimbulkan penglihatan mata kabur apabila menatap benda yang dekat pada mata. Hal itu lantaran lensa mata tak mampu mencembung secara sempurna. Rabun dekat bisa ditolong menggunakan kaca mata berlensa plus alias cembung.

2. Rabun jauh (miopy)
Adalah gangguan mata dimana menyebabkan penglihatan mata kabur apabila menatap benda yang jauh dari mata. Hal tersebut gara-gara lensa mata tak mampu memipih secara baik. Rabun jauh bisa ditolong menggunakan kaca mata berlensa minus alias cekung.

3. Mata tua (presbiopy)
Yakni gangguan mata dimana menimbulkan penglihatan mata kabur apabila mengamati benda yang dekat ataupun benda jauh. Gangguan mata tersebut lantaran lensa mata tak mampu berakomodasi secara bagus. Mata tua bisa ditolong menggunakan kaca mata berlensa dobel.

4. Buta warna
Adalah gangguan mata akibat rusaknya sel konus, dengan begitu pasien tak mampu membedakan warna. Umumnya adalah cacat turunan.

5. Astigmatisme
Adalah kecembungan kornea tak merata dengan begitu bayangan jadi tak terpusat (kabur). Gangguan mata tersebut bisa ditolong menggunakan lensa silinder (silindris).

Komponen -komponen, fungsi, maupun prosedur yang ditemukan di kamera diciptakan seakan-akan mata manusia. Namun, kesanggupan mata untuk mencembung maupun memipihkan lensa tak mampu dicontek oleh kamera. Kamera cuma bisa menyelaraskan jarak lensa supaya maju serta mundur serupa sistem mata di ikan maupun binatang lain.  Terdapat metode alami guna menangkal, menuntaskan, maupun paling kurang untuk menjadikan miopi tak kian berat. Pertama, sedikitkan membaca di mobil maupun bus yang tengah melaju. Kedua, kerjakan olahraga mata lewat memutar mata 1 lingkaran penuh mulai arah kiri menuju kanan Selanjutnya dibalik mulai arah kanan menuju kiri. Kerjakan latihan tersebut pelan-pelan, tidak boleh terlampau keras supaya retina tak tertekan. Kerjakan olahraga itu berulang kali, apabila kepala pusing, stop sejenak selanjutnya diteruskan kembali. Olahraga ini boleh dikerjakan saban hari sepanjang 10 menit.

Foto dari Flickr Oleh GwG_Fan

tags: ,

Berhubungan Dengan 5 Jenis Kelainan Pada Mata

Apa Komentar Anda Tentang 5 Jenis Kelainan Pada Mata?