TentangDunia.com » Gaya Hidup » Fungsi Bagian Bagian Mata

Fungsi Bagian Bagian Mata

Saturday, February 16th 2013. | Gaya Hidup

fungsi bagian bagian mata

Panorama yang cantik, program TV yang menakjubkan, foto aneka warna, bisa anda alami lantaran terdapatnya indra penglihatan yakni mata. Mata adalah satu dari anggota badan dimana strukturnya benar-benar rumit. Fungsi bagian bagian mata pun telah mempunyai tugasnya sendiri-sendiri. Bagian tersebut mempunyai reseptor tersendiri dimana menangkap sinar dari luar. Reseptor tersebut disebut fotoreseptor. Di sebelah luar mata manusia terletak organ yang berperan menjadi pelindung dan penjaga ketika kegiatan setiap hari. Organ yang dimaksud, mencakup  kelopak mata, alis mata, serta rambut mata dimana bertugas menjadi penjaga mata oleh keringat maupun debu. Di mata pun ditemukan kelenjar air mata yang bekerja memproduksi air mata yang mengandung enzim lisozim.

Tiap-tiap mata yang anda punyai adalah satu bola yang mempunyai garis tengah 2,5 cm. Dilihat strukturnya, terdapat sejumlah lapisan yang membangunnya, yaitu lapisan paling luar, lapisan tengah, serta lapisan sebelah dalam.  Lapisan paling luar bola mata manusia terdiri dari jaringan ikat warna putih, kaku serta serabut berlapis yang disebut sklera. Apabila diamati dari depan, sklera terlihat sebagai mata putih. Sklera membangun serangkaian lapisan pengaman terhadap bola mata serta membentang sebagai kornea bening di sebelah depannya. Oleh sebab tembus pandang, kornea bisa melewatkan sinar ke dalam mata serta berfungsi menjadi lensa tetap. Terdapatnya kornea menjadikan sinar dari luar berbelok arah. Pada umur pertumbuhan embrio, sklera tercipta dari puncak syaraf. Pada balita, sklera berpotongan begitu tipis serta tampak berwarna kebiruan di dalam pigmen. Selanjutnya ketika menginjak umur yang kian matang, tumpukan lemak di sklera bisa membuatnya tampak agak berwarna kuning.

Sedangkan untuk lapisan bagian tengahnya, bola mata manusia terdiri dari lapisan koroid. Pada lapisan tersebut terletak pembuluh kapiler darah yang menyediakan makanan untuk mata. Pigmennya begitu tipis serta berwarna hitam. Manfaat lapisan koroid yaitu mempertahankan pembelokan sinar. Pada depan koroid, terletak komponen yang berpotongan donat serta berwarna, yang dinamakan iris. Sisi tengah iris mempunyai satu lubang menjadi lokasi masuknya sinar yang dinamakan pupil. Kuantitas sinar yang masuk ke dalam pupil bisa diatur lewat mengubah dimensi iris. Pada belakang iris berada lensa mata.

Lensa mata menempel di otot-otot bersilia serta disokong oleh ligamen suspensori. Terdapatnya otot-otot bersilia membuat lensa dapat berganti bentuk apakah itu rata maupun nyaris bulat. Kemampuan mata yang begitu dinamakan daya akomodasi. Kecuali itu, lensa mata membagi mata jadi 2 rongga, yaitu aqueous humour serta vitreous humour. Aqueous humour adalah rongga mata mengandung cairan jernih yang berlokasi di sebelah depan lensa. Penyumbatan di saluran aqueous humour bisa mengakibatkan glukoma.

Foto dari Flickr oleh onlineinspirations

tags: ,

Berhubungan Dengan Fungsi Bagian Bagian Mata

Apa Komentar Anda Tentang Fungsi Bagian Bagian Mata?