TentangDunia.com » Gaya Hidup » 8 Penyebab Sakit Telapak Kaki

8 Penyebab Sakit Telapak Kaki

Thursday, February 21st 2013. | Gaya Hidup

sakit telapak kaki

Apakah anda pernah menderita sakit telapak kaki di saat bangun tidur pada pagi hari? Maupun  tumit kaki terasa nyeri sesudah jogging maupun bermain tenis? Pada lazimnya, sakit pada telapak kaki diakibatkan karena peradangan plantar fascia yaitu suatu jaringan pada sepanjang area bawah kaki yang menyambungkan tulang tumit pada ibu jari kaki anda. Kondisi tersebut dinamakan plantar fasciitis. Pada kondisi wajar, plantar facia anda berfungsi layaknya serat-serat penyerap kejut (shock absorbing bowstring), menyokong lekuk dalam kaki anda. Namun, apabila tegangan di serat- serat itu kelewat besar, hingga bisa ada sejumlah sobekan kecil pada serat -serat itu. Jika itu berlangsung berturut-turut maka facia bakal teriritasi dan kaki bengkak.

Gangguan plantar fasciitis bisa disebabkan oleh :

1. Kegiatan tubuh yang intens. Plantar fasciitis lazim ditemui terhadap pelari-pelari jarak jauh. Lari-lari, berjalan maupun naik tangga pun bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan terhadap tulang tumit anda maupun jaringan lunak yang terikat di situ.

2. Alas kaki yang tak sesuai. Sepatu dimana solnya tipis, longgar maupun tiada sokongan buat lekuk kaki maupun tiada kesanggupan dalam meng-absorp hentakan.  Apabila anda dengan rutin mengenakan sepatu yang mempunyai tumit tinggi maka tendon Achilles yaitu tendon yang menempel di tumit anda bisa berkontraksi (apakah itu menegang maupun memendek) mengakibatkan terjadi pergeseran di jaringan seputar tumit.

3. Aktif berolahraga. Kegiatan yang meletakkan sederetan tekanan terhadap tulang tumit anda maupun jaringan yang menempel pada sekeliling tumit  kaki ialah yang paling banyak mengakibatkan plantar fasciitis. Itu diantaranya lari-lari, dansa balet, maupun fitnes.

4. Kaki flat maupun memiliki lekuk besar. Orang-orang yang mempunyai kaki datar memiliki penyerapan kejut yang sedikit, dimana hal tersebut menaikkan peregangan serta tegangan di plantar facia. Orang-orang yang mempunyai lekuk kaki yang besar memiliki jaringan plantar yang lebih kencang, yang pula mengakibatkan penyerapan kejut yang minim.

5. Umur paro baya maupun lebih tua. Nyeri telapak kaki lebih lumrah ditemui lantaran penuaan yang mengakibatkan lekuk kaki kian mendatar, memunculkan tekanan terhadap plantar fascia.

6. Bobot tubuh berlebih. Berjalan bersama bobot tubuh yang overload mampu mengakibatkan rusaknya jaringan lemak pada bawah tulang tumit serta mengakibatkan sakit telapak kaki. Seseorang yang meningkat bobot badannya seketika bisa mengalami plantar fasciitis, namun tak selalu.

7. Kehamilan. Bobot tubuh yang bertambah maupun pembengkakan yang dihadapi di kala hamil bisa mengakibatkan ligamen (jaringan pengikat) di badan juga pada kaki mengendur. Itu bisa mengakibatkan problem mekanikal maupun pembengkakan.

8. Aktivitas. Seseorang yang mempunyai profesi yang membutuhkan berlebih dalam berjalan maupun berdiri di permukaan yang keras, juga karyawan pabrik, guru, maupun pelayan restoran, bisa mengganggu plantar fascia mereka.

Foto dari Flickr oleh sharonnord

tags: , ,

Berhubungan Dengan 8 Penyebab Sakit Telapak Kaki

Apa Komentar Anda Tentang 8 Penyebab Sakit Telapak Kaki?