TentangDunia.com » Referensi Bisnis Peluang Usaha » Macam Macam Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Macam Macam Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Monday, February 11th 2013. | Bisnis

macam macam usaha rumahan

Untuk menambah income rumah tangga, banyak para ibu yang merintis usaha rumahan yang cuma membutuhkan modal kecil. Macam macam usaha rumahan yang bisa dijalankan ada banyak dan salah satunya adalah berjualan pulsa elektrik.Berjualan pulsa elektrik adalah peluang bisnis yang cerah, mengingat besarnya jumlah pengguna ponsel. Transaksi menggunakan voucher secara fisik, selain lebih merepotkan (karena harus mengisikan nomor belasan digit), juga berbiaya lebih tinggi. Tidak semua orang mau mengisi ulang pulsa handphone melalui ATM atau kartu kredit. Mengisi ulang pulsa secara elektronik adalah pilihan yang paling masuk akal.

Pasar yang amat besar tentu saja menjadi daya tarik utama berkerumunnya orang-orang di bisnis rumahan ini. Saat ini saja, jumlah pelanggan telepon seluler (ponsel) di Indonesia sudah mencapai 58 juta sambungan. Jumlah ini tentu akan terus bertambah, seiring pesatnya laju pertumbuhan pengguna ponsel di tanah air. Untuk tahun 2007 saja pelanggan operator seluler telah meningkat menjadi 73 juta orang. “Hampir 90 % dari pengguna ponsel menggunakan produk kartu prabayar,” ujar Ismail Jowas, pemiiik PT Data Lirna Teleshop. Dengan pasar yang begitu besar dan terus bertumbuh, meskipun pemainnya sudah amat banyak, tetap saja terbuka peluang bagi masuknya pemain baru.

Selain itu, isi ulang etektronik bisa melayani transaksi dengan nominal lebih kecil, sehingga perputarannya lebih cepat. Peluang bisnis isi ulang elektronik biasanya dilahap oleh mereka yang sudah memiliki counter untuk berjualan voucher. Tapi, tanpa perlu punya toko, bisnis ini juga bisa dijalankan. Syaratnya hanya memiliki handphone, dan bersedia membayar deposit dengan nominal tertentu (antara puluhan ribu rupiah sampai Rp 5 juta). Bisnis rumahan modal kecil ini sangat simpel, bisa dikerjakan sebagai kegiatan sampingan. Tidak memerlukan waktu ekstra, tidak memerlukan gerai khusus. Kalau stok pulsa tidak laku dijual, toh kita sendiri juga bisa memakainya. Harganya toh lebih murah jika kita beli di kios voucher. Kulakan voucher berbentuk kartu harganya lebih mahal. Untuk pulsa Rp 20.000 pedagang membelinya dengan harga Rp 20.500. Jika ambil untung Rp 2.000 maka pedagang itu harus menjualnya Rp 22.500 kepada konsumen. Tetapi dengan sistem isi ulang elektronik, pulsa Rp 10.000 dapat dibeli dengan harga Rp 9.300. Jika kita bisa menjualnya seharga Rp 11.000 maka kita memperoleh keuntungan Rp 1.700 atau 18 %.

Kunci suksesnya adalah memiliki banyak teman atau sanak keluarga yang bersedia bertransaksi dengan kita. Asalkan kita bisa memberikan nilai tambah bagi mereka, tentu mereka bisa menjadi konsumen setia. Nilai tambah itu bisa berupa harga yang lebih murah, atau layanan yang lebih cepat. Berikan solusi yang praktis bagi mereka. Dengan cara demikian, mereka akan minta ke kita setiap kali memerlukan isi ulang pulsa. Risiko utama dari bisnis isi ulang elektronik adalah kemungkinan terjadinya human error, yaitu salah pencet. Jika kita salah memencet nilai nominal, misalnya seharusnya Rp 10.000 menjadi Rp 100.000, maka kerugian akan datang. Mungkin saja si konsumen mau mengembalikan pulsanya, tetapi lebih baik antisipasi dengan cara teliti sebelum memencet.

Foto dari Flickr oleh Eduard Titov

tags: , , ,

Berhubungan Dengan Macam Macam Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Apa Komentar Anda Tentang Macam Macam Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga?