TentangDunia.com » Gaya Hidup » Struktur Mata Dan Fungsinya

Struktur Mata Dan Fungsinya

Wednesday, February 13th 2013. | Gaya Hidup

mata dan fungsinya

Bola mata dan fungsinya terpecah jadi dua sisi, tiap-tiapnya berisi cairan :

1. Segmen anterior : berawal dari kornea hingga lensa. Segmen anterior mengandung humor aqueus dimana adalah sumber energi untuk struktur mata di dalamnya. Segmen anterior terpecah lagi jadi dua sisi: dinding anterior : dimulai dari kornea hingga iris, dinding posterior : dimulai dari iris hingga lensa. Pada kondisi biasa, humor aqueus dibuat pada dinding posterior, kemudian melalui pupil masuk menuju dinding anterior lalu keluar dari bola mata melewati saluran yang terdapat di penghujung iris.

2. Segmen posterior : berawal dari sisi lensa sebelah belakang hingga menuju retina. Segmen posterior mengandung humor vitreus. Cairan itu menunjang untuk mempertahankan tampilan bola mata.

Selanjutnya adalah mengenai otot, syaraf dan pembuluh darah pada mata. Sejumlah otot berkolaborasi mengoperasikan mata. Tiap-tiap otot distimulus dengan saraf kranial tertentu. Tulang orbita dimana menjaga mata pun berisi bermacam saraf lainnya, yaitu : (1) Syaraf optikus mengirimkan gelombang syaraf yang dibuat pada retina menuju otak. (2) Syaraf lakrimalis menstimulus produksi air mata dari kelenjar air mata. (3) Syaraf lainnya mengirimkan sensasi pada sisi mata yang lain juga menstimulus otot di tulang orbita.

Struktur pada sekeliling mata menjaga serta mengijinkan mata bergerak dengan leluasa pada semua arah. Struktur itu menjaga mata dari  angin, debu, bakteri, virus, jamur serta benda membahayakan lainnya, namun juga membolehkan mata masih terbuka dengan begitu sinar tetap dapat masuk. Berikut adalah struktur pada mata :

1. Orbita merupakan rongga bertulang dimana berisi bola mata,  syaraf, otot-otot, pembuluh darah, lemak serta struktur yang memproduksi juga mengalirkan air mata.
2. Kelopak mata adalah lipatan kulit tipis dimana mampu mengkover mata. Kelopak mata dengan refleks cepat menutup guna menjaga mata dari angin, benda asing,  kotoran debu serta sinar yang begitu terang. Kala berkedip, kelopak mata menolong mendistribusikan cairan pada segenap permukaan mata serta Saat rapat, kelopak mata menjaga kelembaban permukaan mata. Minus kelembaban itu, kornea dapat jadi kering, terluka maupun tak tembus cahaya. Sebelah dalam kelopak mata ialah selaput tipis (konjungtiva) dimana juga meliputi permukaan mata.
3. Rambut mata adalah bulu mungil yang tumbuh pada penghujung kelopak mata serta bermanfaat menolong melindungi mata lewat berlaku menjadi block (penghalang). Kelenjar kecil pada penghujung kelopak mata memproduksi material berminyak yang menangkal penguapan air mata.
4. Kelenjar lakrimalis terdapat pada puncak sisi luar mata kiri juga kanan serta memproduksi air mata encer. Air mata mengalir menuju hidung melewati dua duktus lakrimalis; tiap-tiap duktus berlubang pada ujung kelopak mata atas maupun bawah, dekat hidung. Air mata berperan mempertahankan kelembaban serta kesehatan mata, dan menjerat serta mendepak partikel-partikel mungil yang masuk pada mata. Kecuali itu, air mata melimpah akan antibodi dimana menolong menangkal adanya infeksi.

Foto dari Flickr oleh Stephen Begin

tags: , ,

Berhubungan Dengan Struktur Mata Dan Fungsinya

Apa Komentar Anda Tentang Struktur Mata Dan Fungsinya?